Pemkot Jambi Jalin Kerjasama Dengan Klinik Bidan dan Rumah Sakit

Siaran Pers Nomor 33/SP/I/DISKOMINFO/2023

Bayi Lahir, KIA Langsung Terbit

JAMBI – Guna mempermudah dan mendekatkan pelayanan kependudukan, khususnya pengurusan Kartu Identitas Anak (KIA), Pemerintah Kota Jambi melalui Disdukcapil Kota Jambi terus berinovasi dengan membangun bekerjsama bersama sejumlah rumah sakit di Kota Jambi. Kerjasama tersebut dalam hal penerbitan langsung KIA bagi bayi yang lahir di rumah sakit maupun klinik mandiri bidan.

“Kami sudah menjalin kerja sama dengan rumah sakit untuk pemberian Kartu Identitas Anak kepada setiap bayi yang lahir di rumah sakit,” sebut Kadis Dukcapil Kota Jambi, Nirwa Ilyas, Kamis (9/3).

Lanjut Nirwan, Dukcapil sejatinya diwajibkan menciptakan berbagai inovasi mendukung kemudahan pelayanan administrasi kependudukan bagi masyarakat.

Nantinya kata dia, tiap rumah sakit memiliki Person in Charge (PIC), yang bertugas menginput data kelahiran bayi ke Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan Kota Jambi (Sipaduko) yang memiliki tujuan mempermudah proses pembuatan KIA di Kota Jambi, milik Dukcapil Kota Jambi.

“Kami janjikan satu hari atau sebelum ibu dan bayi yang baru lahir pulang, akte, KIA atau administrasi kependudukan lainnya selesai,” jelas Nirwan.

Memang sebelumnya diakui Nirwan sempat ada trouble pada sistem yang ada. Sehingga kepengurusan administrasi yang dimaksud sedikit lebih lama.

“Kedepan kami janji, tidak akan menjadi komplain lagi,” sebutnya.

Sementara itu, Plh. Sekda Kota Jambi Fahmi yang juga menjabat sebagai Asisten I Sekda Kota Jambi Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Setda Kota Jambi menyampaikan, upaya ini dilakukan sebagai bentuk pelaksanaan peraturan untuk meregistrasi pendataan penduduk sejak lahir hingga dewasa.

“Negara harus hadir. Diawali dari akte kelahiran hingga perkembangan pelayanan masa kini akan kita permudah. Dan tentunya urusan ini, tidak dipungut biaya,” jelasnya.

Sementara itu, Dirut RS Rapha Theresia Jambi, Marcia mengapresiasi bentuk kerja sama ini. Selain diharapkan mempermudah masyarakat, juga diharapkan apa yang disampaikan dalam kerja sama tersebut berjalan sesuai keinginan.

“Tentu ini akan mempermudah. Rumah sakit juga siap. Tidak dipungut biaya seperti yang disampaikan, dan yang jelas dijanjikan sebelum pasien pulang administasi kependudukannya selesai,” pungkasnya

Penulis : Hendra
Penyunting : Abu Bakar