Ajang Pemilihan Bujang Gadis Kota Jambi 2023 Kembali Digelar

Siaran Pers Nomor 31/SP/I/DISKOMINFO/2023

11 Pasang Finalis Akan Unjuk Kebolehan Promosikan Wisata Kota Jambi

JAMBI – Pemerintah Kota Jambi melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Jambi kembali selenggarakan pemilihan Bujang Gadis Kota Jambi, ajang pemilihan muda-mudi intelektual dan berbakat, duta promosi wisata dan budaya Kota Jambi. Ajang pemilihan ini menjadi salah satu upaya Pemkot Jambi dalam mengenalkan dan mengajak anak muda untuk menjaga serta melestarikan potensi pariwisata dan budaya yang ada di Kota Jambi. Kegiatan ini juga sekaligus merupakan agenda tahunan Pemkot untuk memfasilitasi generasi muda dalam menyalurkan bakat, kreatifitas, dan prestasinya sehingga Kota Jambi mampu memiliki sumber daya manusia yang berkualitas untuk mendukung Kota Jambi setara dengan kota-kota maju di dunia.

Rangkaian Pemilihan Bujang Gadis Kota Jambi 2023 ini telah berlangsung sejak bulan Februari, kegiatan ini antusias diikuti oleh para peserta dari berbagai kecamatan dan institusi pendidikan dalam wilayah Kota Jambi. Antusiasme generasi muda Kota Jambi dalam mengikuti ajang tahunan bergengsi ini bahkan sudah terlihat jauh dari sebelum dibukanya pendaftaran, hal ini terlihat dari meningkatnya peminat yang mendaftar untuk mewakili kecamatan hingga meningkatnya minat calon peserta untuk mengikuti kegiatan Bujang Gadis Kota Jambi Class 2023.

Ajang pemilihan Bujang Gadis Kota Jambi ini memang menjadi ajang yang sangat bergengsi, bagaimana tidak, ratusan peserta yang mendaftar dan memenuhi persyaratan mengukuti beberapa tahapan dalam rangkaian seleksi, dimana setiap tahapan seleksi berlangsung ketat dan melibatkan dewan juri yang berkompeten dari berbagai bidang. Mulai dari Kepala OPD Pemkot Jambi, hingga akademisi maupun praktisi yang berkompeten dibidang ajang pemilihan sejenis.

Hasilnya, terpilih 50 besar yang masuk pada tahap selanjutnya. 50 semifinalis tersebut selanjutnya mendapatkan berbagai macam pembekalan dan pembinaan untuk meningkatkan kompetensi mereka sebagai Bujang Gadis Kota Jambi seperti pembekalan public speaking dan mengikuti kegiatan lainnya yaitu field trip, outbond, karantina, dan malam unjuk bakat yang mana sekaligus menjadi malam penyisihan untuk untuk menjaring 22 besar (11 pasang) finalis. 22 besar finalis yang terpilih kemudian berlanjut mengikuti rangkaian kegiatan selanjutnya seperti ujian tertulis, presentasi, tes narkoba, field trip, dan table manner sebelum berlaga pada malam puncak Grand Final Bujang Gadis Kota Jambi 2023, yang akan berlangsung di BW Luxury Hotel, 13 Maret mendatang.

Pemenang Bujang Gadis Kota Jambi dan finalis lainnya akan menjalankan tugas selama satu tahun ke depan. Mereka diharapkan aktif berkontribusi dalam mempromosikan potensi pariwisata, kebudayaan, dan ekonomi kreatif yang ada di Kota Jambi terutama melalui kreativitas digital. Sebab, sektor pariwisata kedepan akan beradaptasi dengan inovasi yang penuh dengan kemajuan teknologi. Tidak hanya itu, duta wisata seperti Bujang Gadis juga diharapkan dapat ikut andil dalam mewakili Kota Jambi dalam berbagai event penting, bukan hanya skala nasional, namun juga dalam skala internasional untuk mendukung kemajuan Kota Jambi sebagai kota global. Tak kalah penting, seluruh Bujang dan Gadis Kota Jambi terpilih harus mampu menjadi role model generasi yang berbudaya, bebas narkoba, dan sadar wisata bagi seluruh masyarakat Kota Jambi.

Penulis : Nabila Maharani
Penyunting : Hendra Saputra