Panen Perdana Gerakan Payo Menanam Cabai, Wali Kota Jambi Harap Inflasi Tak Lagi Tinggi

Di lahan seluas lima hektar, Wali Kota Jambi Syarif Fasha bersama dengan unsur Forkompimda Kota Jambi melaksanakan panen perdana program Gerakan Payo Menanam Cabai.

Fasha mengatakan, penyumbang terbesar inflasi berasal dari komoditi cabai. Sehingga untuk mengatasi hal ini pihaknya mulai tiga bulan lalu mencanangkan program Gerakan Payo Menanam Cabai.

“Ini panen cabai perdana di luas lahan lima hektar kita bersama dengan berbagai unsur termasuk kelompok tani Suka Makmur,” kata Fasha. Kamis, (29/12/2022).

Fasha mengatakan, kualitas cabai yang dipanen di lahan  kelompok tani Suka Makmur di RT 19, Kelurahan Bagan Pete, Alam Barajo ini. Kualitasnya sama dengan yang dijual dipasaran.

“Cabai yang kita panen hari ini, sama dengan cabai yang dijual di Pasar Angso Duo,” sebutnya.

Ia berharap, dengan adanya gerakan ini inflasi di Kota Jambi tidak lagi  terindikasi untuk tinggi. Selain itu,
Pemkot Jambi juga telah menyiapkan sartegi operasi pasar apabila terjadi kenaikan harga saat akhir tahun ini.

“Kami menginventaris jika ada lahan kosong akan ditanam cabai menggunakan peralatan dari pertanian dan juga meminta bantuan Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas untuk bersama-sama  membantu petani menanam cabai. Bibit dan pupuk disiapkan,” jelasnya.

Untuk pengendalian inflasi, Fasha menambahkan bahwa Pemkot Jambi juga memberikan bantuan kepada lebih dari 300 UMKM. Sudah lebih dari 300 UMKM semenjak serta telah menyalurkan subsidi BBM kepada angkutan kota agar tidak menaikkan tarif angkutan.

“Sembako juga akan dilaksanakan operasi pasar,” pungkasnya.