Upaya Nyata Tekan Inflasi, Kedua Kalinya Fasha Luncurkan Gerakan Bersama Pembelian Beras Lokal oleh ASN

Secara simbolis, Wali Kota Jambi Sy Fasha melakukan pembelian beras di lapangan tenis kantor Diknas kota Jambi, Selasa (22/11/2022) pagi.

“Atas nama pemerintah terima kasih kepada keluarga besar ASN Pemkot Jambi yang telah melakukan gerakan pembelian produk komoditi lokal. Ini dilakukan adalah salah satunya untuk mengantisipasi inflasi,” jelas Fasha dalam sambutannya.

Fasha pun menjelaskan kenapa yang diutamakan pembelian beras, bukan cabe yang juga penyumbang meningkatnya inflasi.

Dirinya berharap gerakan ini memberikan sesuatu yang terbaik di kota Jambi. Terutama untuk mengatasi inflasi.

“Berdasarkan analisa dari BPS dan Bank Indonesia serta Bulog bahwa harga beras premium merangkak naik. Dikhawatirkan ini akan menjadi pemicu inflasi.”

“Bagaimana cara mengatasinya yaitu dengan membeli beras lokal, maka permintaan beras premium akan tertekan dan tidak akan bisa naik. Kepada Bank Indonesia, kemudian juga BPS kami ucapkan terima kasih,” ujar Fasha.

Ditemui usai acara, Fasha berharap kegiatan ini bisa berlanjut, dengan catatan stok berasnya masih banyak. Dijelaskannya, Pemkot Jambi melakukan pembelian berupa gabah.

“Tujuannya adalah apa, untuk mengatasi pencetus inflasi. Laporan dari BPS dan Bank Indonesia juga dan Bulog bahwa harga beras premium itu sudah naik. Bagaimana upaya menekan itu, salah satu menggunakan beras lokal ini, yang mudah-mudahan gerakan yang kecil ini akan bisa mengantisipasi ya kalau nanti terjadi inflasi,” ujar Fasha.

Sebelumnya, Plt Kadis Pertanian kota Jambi, Moncar mengatakan gerakan serentak ini sebagi upaya peningkatan produk dalam kota Jambi. Sekaligus juga pengendalian inflasi daerah yang disumbangkan dari pangan.

Ditambahkannya, gerakan bersama pembelian beras yang dilaksanakan hari ini merupakan kegiatan yang kedua. Kegiatan pertama dilaksanakan pada tanggal 5 Oktober 2022 dengan jumlah beras yang terjual yaitu 3,5 ton dengan sasaran sebanyak 700 ASN.

“Hari ini penjualan sebanyak 15 ton yang diperuntukkan untuk 3000 ASN yang terdiri dari Kecamatan, Kelurahan, kepala sekolah, puskesmas di Kota Jambi. Ini merupakan beras lokal petani Provinsi Jambi yang dibeli dari Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang bekerjasama dengan kelompok tani dan koperasi pegawai Negeri Kota Jambi dengan harga Rp 57.500 per 5 kg,” jelas Moncar. (Rolan)