Dihadiri Sandiaga Uno, 27 UMKM Kreatif Kelas Nasional dan Internasional Ikuti AKI 2022 Jambi

Kehadiran Sandiaga Uno ini untuk menghadiri Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 di Kota Jambi.

Menurut Sandiaga Uno, ada 27 pelaku usaha atau UMKM kreatif kelas nasional dan internasional yang mengikuti Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 di Jambi.

“Kami akan tingkatkan untuk ekspor, karena ekspor produk ekonomi kreatif tahun lalu menembus 24 miliar dolar, tahun ini kita harapkan naik lagi bisa menembus 25 miliar dolar dan didominasi oleh produk-produk fashion, produk-produk kriya, dan produk-produk kuliner,” ujarnya, Minggu (4/9/2022) di Kota Jambi.

Sandiaga Uno mengatakan, pihaknya ingin produk-produk kuliner UMKM kreatif semakin di kurasi dan mendapatkan promosi sehingga omset juga akan ikut meningkat.

“Karena itu kita juga mengundang Melati eks JKT48 dan juga pelaku usaha kuliner nasi bakar kuali kuning,” ujarnya.

Sandiaga Uno juga menyampaikan, puncak AKI 2022 akan dilaksanakan di Jakarta.

Pemenang dari AKI Jambi akan berlaga di Jakarta dan diberikan beberapa pelatihan serta pendampingan.

“Mereka akan diberikan pelatihan dan pendampingan agar usahanya sudah bisa go internasional dan go digital,” kata Sandiaga Uno.

Wali Kota Jambi Syarif Fasha mengatakan, saat ini digitalisasi UMKM di Kota Jambi sudah mencapai lebih dari 20 persen atau lebih dari 2.000 pengusaha UMKM yang yang sudah digitalisasi dan didukung oleh regulasi.

“Juga tentunya didukung kemudahan internet dan lain sebagainya dan kami Pemerintah melalui Dinas Kominfo juga membantu membuat aplikasi-aplikasi online untuk pedagang-pedagang UMKM dan saat ini memang pedagang merasakan berkah dari itu semua,” ujarnya.

Sebab, kemudahan-kemudahan tersebut mereka tidak perlu lagi menyewa tempat dan para UMKM yang telah go digitalisasi tidak memerlukan tenaga kerja yang besar. Karena mereka bisa melakukan pemasaran dari rumah tangga masing-masing dengan omset yang lebih besar lagi.

“Ini yang mungkin akan kami dorong sebanyak-banyaknya nanti kedepannya,” pungkas Syarif Fasha.

Artikel ini telah tayang di jambi.tribunnews.com

Penulis : Fitri Amalia

Editor : Rahimin