Pemkot Jambi Lakukan Penandatanganan CSR Pengecatan Tower Air Jelutung oleh PT Jotun Indonesia

JAMBI – Pemkot Jambi melakukan penandatanganan berita acara atas corporate social responsibility (CSR) dengan pihak PT Jotun Indonesia di ruang rapat Bappeda Kota Jambi, Sabtu (28/5/22).

A Ridwan Sekda Kota Jambi didampingi Evridal Asri Kabag Ekonomi Setda kota Jambi menandatangani serah terima dengan Diana Hasnan, Area Sales Manager South Sumatra PT Jotun Indonesia dengan didampingi Victorio Arli sebagai Decorative Retail Consultant.

CSR berupa pengecatan pada tower air yang ada di Kelurahan Jelutung Kota Jambi dengan ketinggian 30 meter.

Penyerahan miniatur tower yang terlihat telah bercat dengan motif batik Jambi melengkapi.

“Dahulu tower ini tidak ada warnanya. Setelah dicat Jotun terlihat adanya daya tarik pada tower. Perlu ditiru juga bentuk CSR pihak Jotun dengan pelaku usaha lainnya,” ucap A Ridwan Sekda Kota Jambi.

Menurut Ridwan, ada beberapa bangunan lama daerah-daerah khususnya di Kota yang bukan semata hanya tanggung jawab Pemkot saja, melainkan semua pihak.

Baik tanggung jawab masyarakat untuk dinikmati sebagai tempat wisata serta ikon Kota Jambi, maupun para pelaku usaha yang dapat beriklan sekaligus memberi manfaat bagi sekitar.

Tower tersebut dicat dengan motif batik Jambi yang menurutnya dapat menggambarkan bahwa Kota Jambi memiliki warisan budaya.

Diana Hasnan, Area Sales Manager South Sumatra PT Jotun Indonesia mengatakan bahwa membutuhkan tiga hingga lima bulan dan sampai 1000 liter cat dalam pengecatan tower air di Jelutung.

“Kami juga melakukan proses perizinan terlebih dahulu. Lamanya waktu pengecatan karena tergantung cuaca yang awalnya kita perkirakan tiga bulan, ternyata bisa lima bulan,” jelasnya.

Kerjasama Jotun dengan Pemkot Jambi sebenarnya sudah dilakukan sejak 2019, namun ditunda terlebih dahulu karena pandemi Covid-19.

CSR pengecatan dilakukan bukan sekadar selesai, melainkan melibatkan tenaga ahli dalam menuangkan tiap catnya agar terlihat paripurna lantaran bermotif batik.

Banyaknya cat dipakai karena ada motif batik yang menjadi ikon khas Jambi, dan ketahanan cat yang digunakan akan sampai delapan tahun.

Warna cat yang dipakai sangat banyak dengan jenis sesuai kebutuhan tiap bahan bangunan tower air Jelutung.

Selain membutuhkan tenaga ahli, ketelitian dalam melakukan pengecekan hingga ketinggian 30 meter juga diperlukan.

Bahkan pada proses pengecatan hingga selesai, mereka membutuhkan lima bulan hingga pengecatan selesai.

“Kami berterima kasih kepada Pemkot Jambi telah memberikan kesempatan melakukan pengecatan menara air Jelutung,” ucapnya.

Tujuan CSR Jotun yaitu memberikan kontribusi terhadap lingkungan yang hasil pengecatannya dapat dinikmati oleh masyarakat.

Hingga kini ada 20 toko Jotun yang tersebar di Provinsi Jambi, dan cat Jotun adalah merupakan cat decorative, pelindung dan powder coating terkemuka.

Grupnya memiliki 67 perusahaan dan 38 fasilitas produksi tersebar di seluruh benua, dan 100 negara.