Denpasar, Kominfo – Jelang satu bulan menuju  penghentian siaran televisi analog atau Analog Switch Off (ASO) tahap pertama pada 30 April 2022, Kementerian Komunikasi dan Informatika gencarkan sosialisasi dan pembagian Set Top Box (STB) gratis bagi rumah tangga miskin di berbagai daerah.

Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang Komunikasi Politik Philip Gobang menyatakan uji coba dan pemasangan STB di wilayah Provinsi Bali merupakan upaya Pemerintah dalam memberikan yang terbaik bagi masyarakat agar bisa mengikuti perubahan global.

“Hari ini, Kementerian Kominfo bersama mitra kerja dari Viva Group melaksanakan ujicoba distribusi  sebanyak 10.007 unit set top box bagi masyarakat yang berhak menerima di Kota Denpasar. Distribusi set top box ini sebagai bagian dari sosialisasi program ASO tahap 1,” ujarnya dalam Pelaksanaan Ujicoba Distribusi STB dari Group Viva di Wilayah Layanan Bali, Kota Denpasar Provinsi Bali, Rabu (16/03/2022). 

Menurut Stafsus Menteri Kominfo Bidang Komunikasi Politik, migrasi siaran TV analog ke TV digital merupakan amanat Undang-Undang Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Oleh karena itu, Kementerian Kominfo terus melaksanakan berbagai persiapan di lapangan agar tahapan migrasi ASO berjalan lancar.

“Semuanya dilakukan untuk memastikan bahwa Indonesia tetap mengikuti perkembangan-perkembangan besar yang terjadi secara global. Dengan begitu, seluruh komponen masyarakat hingga ke pelosok tanah air beradatasi mengikuti perubahan yang terjadi di seluruh dunia secara cepat,” jelasnya.

Atas nama Kementerian Kominfo dan Menkominfo Johnny G. Plate, Stafsus Philip Gobang menyampaikan apresiasi atas kolaborasi dan sinergi dari seluruh pihak yang terkait. 

“Saya kira hal ini untuk mendorong kita semua untuk berperan dan bekerja sama dalam kolaborasi dan dalam sinergi yang sama untuk menampilkan kemajuan-kemajuan di masyarakat lokal agar tampil dengan kekhasan dan keunikannya,” tuturnya.

Stafsus Menteri Kominfo Bidang Komunikasi Politik menyatakan kerja sama itu perlu terus ditingkatkan untuk memenuhi hak seluruh elemen masyarakat mendapatkan tayangan yang bermutu dan berbobot guna mendorong kemajuan lokal. 

 “Mari kita bersama-sama ikut dalam apa yang menjadi harapan besar yang disampaikan oleh Bapak Presiden. Mulai hari ini dan seterusnya, dari berbagai sektor kita dengan kekuatan masing-masing dan terlebih-lebih dengan kekuatan bersama memastikan kemajuan bangsa dan negara ini masuk ke era baru sebagai masyarakat dan bangsa digital,” tandasnya.

Dalam acara itu, hadir Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Arta Sukawati, Wakil Walikota Denpasar Arya Wibawa, Direktur Viva Grup dan Komisaris TV One Niel Tobing. Hadir pula, Ketua KPID Bali Agus Astap, Sekcam Denpasar Timur Ketut Sry Karyawati, dan Sekdes Sumerta Kelod I Nyoman Oka Pariartha Karang.