Jakarta Pusat, Kominfo – Beredar pesan berantai di aplikasi WhatsApp berisi informasi tentang seleksi Tenaga Non PNS khusus guru di kalangan masyarakat Kepulauan Meranti.

Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta di akun Facebook Pemda Kabupaten Kepulauan Meranti, Sekretaris Tim Evaluasi Tenaga Non PNS Kabupaten Kepulauan Meranti, Bakharuddin mengatakan bahwa pesan berantai tersebut adalah hoaks.

Menurutnya, peserta ujian seleksi yang dilaksanakan pada Kamis (13/1/2022) tersebut khusus guru-guru non PNS yang sudah masuk dalam database BKD Kepulauan Meranti dan tidak ada penerimaan baru.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Setdakab Kepulauan Meranti, Afrinal Yusran, meminta masyarakat ataupun para Tenaga Non PNS yang akan mengikuti seleksi untuk tidak mempercayai isu atau kabar tidak benar yang banyak beredar.

Berikut laporan isu hoaks, misinformasi dan disinformasi yang telah diidentifikasi Tim AIS Kementerian Kominfo, Rabu (12/01/2022):

[HOAKS] Akses Akun Facebook Gunakan Bukti Vaksinasi Covid-19

[DISINFORMASI] Video Harimau Melintas di Jalur Cisaga-Rancah Ciamis

[HOAKS] Lowongan Kerja di Pelabuhan Kijing

[DISINFORMASI] Video Polres Singkawang Menggunakan Bahasa Mandarin bukan Indonesia

[HOAKS] Seleksi Pegawai Non PNS Khusus Guru Tanpa Tes di Kepulauan Meranti

[DISINFORMASI] Penculikan Anak di Sindang Barang Bogor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *