Jakarta Pusat, Kominfo – Warganet belum lama ini dikejutkan dengan beredarnya konten unggahan di platform media sosial Facebook. Konon, unggahan menampilkan foto Kartu Keluarga (KK) berbentuk seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP). Foto itu menunjukkan bagian depan dan belakang KK layaknya KK berbentuk surat pada umumnya. Bahkan, terdapat scan barcode di bagian depannya.

Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari tribunnews.com, Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakrulloh menegaskan bahwa KK berbentuk KTP itu palsu.

Direktorat Jenderal Dukcapil Kemendagri saat ini memang telah memberikan inovasi pelayanan cetak Kartu Keluarga online secara mandiri di rumah.  Namun, masyarakat tidak bisa sembarangan melakukan cetak KK sendiri.  Ada syarat dan langkah yang harus dilakukan untuk cetak KK online mandiri.

Dilansir dari kontan.co.id, salah satu ciri-ciri dokumen kependudukan model terbaru adalah tidak dicetak di kertas khusus, namun di kertas HVS putih ukuran A4 80 gram.  Sehingga, dapat disimpulkan bahwa foto ukuran KK model terbaru yang sama seperti KTP dipastikan hoaks.

Berikut laporan isu hoaks, misinformasi dan disinformasi yang telah diidentifikasi Tim AIS Kementerian Kominfo, Minggu (09/01/2022):

[DISINFORMASI] Penerima Vaksin Covid-19 Lebih Mudah Terinfeksi Omicron

[HOAKS] Ukuran KK Terbaru Seperti KTP

[HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Pj Sekda Kalteng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *