JAMBI – Meski di bawah rintik hujan, namun tak menyurutkan semangat peserta upacara dan menambah sakralnya Upacara Peringatan Hari Pahlawan, bertempat di Lapangan Utama Balaikota Jambi, pada Rabu pagi (10/11). Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Wali Kota Jambi Syarif Fasha.

Upacara yang diawali dengan pengibaran Bendera Merah Putih oleh Paskibraka Kota Jambi itu, berlangsung khidmat dan diikuti oleh seluruh jajaran Pemerintah dan Forkompimda Kota Jambi, unsur TNI-Polri, pelajar, mahasiswa, organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan. Tidak ketinggalan, upacara kali ini selalu dihadiri oleh sejumlah veteran di Kota Jambi.

Wali Kota Jambi Syarif Fasha dalam sambutannya, membacakan amanat Menteri Sosial menyampaikan bahwa, semangat, tekad dan keyakinan pahlawan harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan semua untuk mengemban misi mengalahkan musuh bersama yang sesungghnya, yaitu kemiskinan dan kebodohan. Hal itu menurut Fasha, sejalan dengan tema hari pahlawan tahun 2021, Pahlawanku Inspirasiku.

“Melalui peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021, marilah kita bersama-sama bahu membahu dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggung jawab serta penghormatan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan, memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara sesuai kemampuan dan profesi masing-masing,” beber Fasha.

Terlepas dari itu, memang peringatan hari pahlawan tahun ini ada yang berbeda. Di mana biasanya, saat mengheningkan cipta diiringi dengan lagu mengheningkan cipta, kemarin hanya ditandai dengan bunyi sirine selama 1 menit.

“Di hari pahlawan ini, kita sebagai penerus akan tetap komit apa yang dipesankan para pahlawan. Baik mengatasi kemiskinan dan kebodohan di Kota jambi khususnya,” jelasnya.

Seusai upacara, Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha yang turut didampingi Wakil Wali Kota, unsur Forkompimda Kota Jambi, serahkan tali asih dan santunan kepada veteran dan janda veteran pejuang kemerdekaan yang ada di Kota Jambi.

Pemberian tali asih dan santunan dari Pemerintah Kota Jambi kepada sejumlah veteran dan janda veteran pejuang yang ada di Kota Jambi, merupakan ritual tahunan Pemkot Jambi, sebagai wujud penghormatan dan penghargaan kepada pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.

Tampak pada kesempatan itu, Wali Kota Fasha bersama jajaran Forkompimda Kota Jambi, menyerahkan langsung tali asih kepada veteran dan janda veteran pembela tanah air dari Kota Jambi.

Rangkaian Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Kota Jambi dilanjutkan dengan rangkaian ziarah dan tabur bunga di makam Pahlawan Nasional Raden Mattaher, di Kompek Makam Raja-raja Jambi, Legok, Danau Sipin. Upacara ziarah dan tabur bunga tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Wali Kota Jambi, dr. Maulana.

“Kami hadir di sini untuk mendoakan para pahlawan serta para Pejuang Jambi, semoga amal baktinya diterima dan ditempatkan di tempat terbaik disisi Allah,” Ujar Maulana, usai prosesi tabur bunga.

Di samping itu, ia mengimbau kepada seluruh pemuda, khususnya di Kota Jambi, agar selalu meneladani sifat patriotik para pejuang untuk membangun Jambi ke depannya. Sebab menurutnya, saat ini perjuangan bangsa ini bukan lagi melawan penjajah, tetapi bangsa itu sendiri.

“Saat ini musuh kita bersama adalah kemiskinan dan kebodohan, oleh karna itu perjuangan kita sekarang adalah membangun dan memperbaiki Jambi,” timpalnya.