JAMBI- Lansia sepertinya selalu mendapat posisi yang istimewa dihati sosok seorang Wali Kota Jambi, Syarif Fasha bersama wakilnya dr. Maulana. Bagaimana tidak, wujud kecintaan terhadap warga senior tersebut, dibuktikannya dalam berbagai bentuk perhatian dan aksi nyata.

Seperti yang terlihat dalam acara yang digelar dalam rangka Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional Tahun 2021, Fasha bersama Maulana berbagi tugas merayakan hari lansia di dua lokasi yang berbeda.

Bertempat di Lapangan Tenis Diknas Kota Jambi pada Rabu pagi (30/6), seratusan lansia yang berasal dari berbagai wilayah Kota Jambi, mendapat santunan tali asih dari Wali Kota Jambi yang pada tahun 2019 lalu, telah dinobatkan pemerintah pusat menjadi Tokoh Nasional Peduli Lansia.

Walaupun masih didera dengan wabah pandemi Covid-19, namun Peringatan Hari Lansia Nasional kali ini tetap digelar secara khidmat dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat baik, terutama bagi masyarakat kelompok rentan terpapar Covid-19, seperti lansia.

Tidak hanya mendapat santunan tali asih, sebagai bentuk perhatian Wali Kota Fasha kepada Lansia dimasa pandemi ini, dalam kegiatan itu turut pula disediakan layanan vaksinasi gratis bagi lansia yang hadir pada acara tersebut.

Seperti biasanya, dalam kesempatan bersama Lansia, Fasha tidak pernah absen untuk mengedukasi kalangan lansia agar lebih waspada terhadap resiko penularan wabah Covid-19.

“Lansia adalah kelompok masyarakat yang sangat rentan terjadi pemburukan kondisi kesehatan jika terpapar virus Covid-19, terlebih jika memiliki penyakit penyerta atau komorbid. Vaksin yang gencar kami berikan adalah ikhtiar untuk menyelamatkan bapak ibu semua orang tua kami. Oleh karenanya dalam kesempatan ini kami langsung berikan layanan vaksinasi gratis bagi orang tua kami. Jangan takut dan khawatir, vaksin aman dan halal,” ungkap Fasha.

Wali Kota Jambi yang juga penerima Tanda Kehormatan Jasa Pratama dari Presiden RI, atas jasa-jasanya di bidang peningkatan kesejahteraan sosial masyarakat di Kota Jambi, terutama Lansia itu juga kembali menyampaikan komitmennya dalam memprioritaskan pelayanan bagi kaum lansia di Kota Jambi.

“Peringatan ini adalah wujud cinta dan penghargaan kami kepada lansia. Disaat banyak yang melupakan lansia, kami agungkan lansia dengan merayakan bersama ayah ibu sekalian. Berbagai inovasi diciptakan untuk tingkatkan pelayanan pada lansia, baik kesehatan dan lainnya. Seluruh puskesmas telah ditugaskan untuk membentuk kelompok pembinaan lansia. Bahkan telah ada Komda Lansia yang dipimpin langsung oleh Wawako, sebagai perpanjangan tangan Pemkot untuk layani lansia. Kami senantiasa berdoa semoga ayahanda dan ibunda seluruhnya diberi kesehatan. Insya Allah kami Pemerintah Kota Jambi ke depan akan lebih memperhatikan dan lebih menyayangi lansia, serta banyak program yang kami siapkan untuk lansia,” pungkas Wali Kota Jambi itu.

Dilokasi berbeda, Wakil Wali Kota Jambi Maulana yang juga Ketua Komda (Komisi Daerah) Lansia Kota Jambi, juga menggelar acara simpatik, sambangi dan sekaligus serahkan bantuan tali asih kepada lansia yang berada di Panti Jompo Budi Luhur Paal V Kota Jambi. Tampak dalam kesempatan itu, Wawako Maulana mengunjungi beberapa kamar hunian lansia dan bercengkerama dengan lansia penghuni panti sosial tersebut.

“Orang tua kita para lansia harus kita jaga dan rawat dengan baik, penuh kasih sayang. Karena tanpa adanya yang mereka, kita tidak akan hadir didunia ini dalam keadaan baik dan menikmati berbagai kebahagiaan hidup. Kami sebagai Ketua Komda Lansia akan terus menjalankan program yang secara proaktif, membimbing dan membina lansia Kota Jambi agar terus sehat, mandiri, produktif, serta di usia lanjut, semakin mendekatkan diri kepada Tuhan,” pungkas Wakil Wali Kota Jambi itu.

Program dan kebijakan Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha terhadap kelompok lanjut usia di Kota Jambi telah mendapat apresiasi luar biasa dari pemerintah pusat, yaitu dinobatkannya Wali Kota Jambi itu sebagai Tokoh Nasional Peduli Lansia pada puncak acara Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2019 dan Tanda Kehormatan Jasa Pratama dari Presiden RI pada Agustus 2019 lalu.

Penghargaan tersebut adalah sebuah bentuk pengakuan dan penghargaan negara atas dedikasi, kerja keras, komitmen, serta darma bakti dirinya selama ini sebagai Wali Kota yang senantiasa memperhatikan nilai kesejahteraan kaum usia lanjut (senior citizen) dalam tataran tingkat nasional.

Komitmen luar biasa Fasha terhadap lansia di Kota Jambi pun tidak perlu diragukan lagi. Selain telah menginisiasi berbagai inovasi berbasis layanan prima bagi peningkatan kemandirian dan kesejahteraan lansia di Kota Jambi, dirinya juga telah menginisiasi program yang bernilai sosial tinggi, seperti Program Berbagi Kursi Roda Gratis bagi masyarakat, yang bersumber dari gaji sebagai Wali Kota, penyediaan ruang terbuka hijau (RTH) di setiap kecamatan bagi lansia, Puskesmas Klinik Lansia, serta prioritas Pelayanan khusus di sentra layanan publik bagi lansia seperti antrian terpisah dan tempat duduk khusus lansia.

Pelayanan kesehatan kunjungan (visitasi) ke rumah (home care) termasuk layanan unggulan Kota Jambi dibidang kesehatan bagi lansia. Selain itu, Fasilitasi pemberian kredit Usaha Ekonomi Produktif (UEP) bagi lansia produktif, Program Bedah Rumah Bagi Veteran Pejuang Kemerdekaan, Program Jaminan Kesehatan Lansia, serta program pemeliharaan kesehatan lansia dengan melaksanakan senam sehat lansia di masing-masing puskesmas.

Paling anyar, Wali Kota Fasha bersama Wawako Maulana juga menciptakan inovasi yang dirasa sangat humanis bagi lansia di Kota Jambi, yaitu penyediaan Graha Lansia “Pusako Batuah” yang di dedikasikan bagi masyarakat lanjut usia di Kota Jambi. Graha Lansia ini akan menjadi pusat pengembangan kapasitas lansia, seperti program pendidikan khusus bagi lansia, agar kelompok lansia tetap menjadi bagian masyarakat yang produktif di hari tua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *