TANJABTIM- Duka kembali melanda masyarakat Jambi. Musibah kebakaran dahsyat beberapa waktu lalu meluluhlantakkan sebanyak 123 rumah penduduk (154 KK) yang berada di Desa Mendahara Tengah Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Merespon kejadian tersebut, Wali Kota Jambi Syarif Fasha bergerak cepat mengaktivasi kembali misi kemanusiaan “Kota Jambi Peduli”, yang telah dipeloporinya sejak beberapa tahun lalu, kali ini untuk membantu meringankan beban masyarakat Mendahara Tengah yang tertimpa musibah kebakaran tersebut.

Selasa pagi (15/6), Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha, yang turut didampingi oleh Dandim 0415/Jambi Kol. Inf. J. Hadiyanto dan Dandenpom II/2 Jambi Letkol. CPM Krisna Jaya Lantang, Ketua Yayasan Kesejahteraan Sentosa Roni Attan, Perkumpulan Umat Budha Jambi, beserta Tim Kemanusiaan Kota Jambi Peduli, serahkan serahkan secara langsung bantuan yang bersumber dari masyarakat, komunitas, ASN Pemkot Jambi dan TNI/Polri, kepada masyarakat Desa Mendahara Tengah.

Sedari fajar, Wali Kota Fasha bersama rombongan, bertolak dari Kota Jambi melalui perjalanan darat dan dilanjutkan dengan menumpang speedboat menuju kelokasi yang berlokasi dipedalaman pesisir ujung Jabung tersebut. Kehadiran orang nomor satu Kota Jambi dilokasi itupun disambut haru warga yang berada di wilayah timur Provinsi Jambi tersebut.

Setiba di Mendahara, kedatangan Wali Kota Fasha disambut langsung oleh Bupati Tanjung Jabung Timur, H. Romi Hariyanto. Dalam kesempatan itu, Bupati Romi mengapresiasi kehadiran Wali Kota Jambi yang hadir secara langsung untuk menyerahkan bantuan kemanusiaan bagi warga masyarakatnya di Desa Mendahara Tengah.

“Saya selaku kepala daerah di Tanjung Jabung Timur, mengucapkan rasa terimakasih sekali atas bantuan yang disalurkan oleh berbagai pihak termasuk bantuan dari pemerintah Kota Jambi. Tentu bantuan yang diberikan itu dapat membantu para korban saat ini,” sebut Bupati Romi seusai menerima Wali Kota Fasha.

Bupati Tanjabtim dua periode itu, turut pula mendoakan seluruh pihak yang telah membantu masyarakat Mendahara Tengah selama ini pasca terjadinya musibah kebakaran di wilayah tersebut.

“Saya mendoakan yang terbaik untuk pihak-pihak yang telah memberikan bantuannya, termasuk saya juga mendoakan terhadap bapak Wali Kota Jambi, Bapak Syarif Fasha yang sudah hadir ikut turun langsung menuju lokasi korban kebakaran ini. Karena lokasi cukup jauh dijangkau,” ujar Romi.

Kehadiran Wali Kota Fasha di lokasi bencana, kembali membuktikan eksistensi seorang Syarif Fasha sebagai seorang kepala daerah yang senantiasa merespon dan bergerak cepat dalam berbagai misi kemanusiaan, terutama dalam musibah bencana. Bagaimana tidak, kehadiran Wali Kota Fasha kali ini di lokasi tersebut, membawa bantuan dengan nominal yang cukup besar, yaitu senilai Rp. 677.000.000,-.

Bantuan kemanusiaan tersebut berbentuk uang tunai, sandang dan pangan yang akan dibagikan bagi 154 Kepala keluarga di Desa Mendahara Tengah, korban bencana kebakaran. Tidak hanya itu, dalam kesempatan itu, Wali Kota Fasha turut pula serahkan 3 unit kursi roda bagi masyarakat setempat yang sangat membutuhkan bantuan kursi tersebut.

Dalam sambutannya, Wali Kota Fasha ungkapkan rasa duka mendalam dan keprihatinanya atas muaibah yang menimpa masyarakat Mendahara Tengah.

“Kami hadir atas nama masyarakat, komunitas dan ASN Pemkot Jambi, yang turut berduka atas bencana kebakaran dilokasi ini. Pemerintah Kota Jambi melalui dompet amal Kota Jambi Peduli, langsung membuka donasi bagi saudara kami disini dan Alhamdulillah kami disini menyampaikan amanah tersebut,” ujar Wali Kota Fasha dihadapan warga dan perwakilan Pemkab Tanjabtim.

Lebih lanjut, Fasha mengungkapkan bahwa Dompet Amal Kota Jambi peduli mendapat respon luar biasa dari masyarakat. Tidak hanya dari masyarakat dan ASN, serta TNI/Polri, berbagai komunitas dan pelaku usaha pun turut pula memberi bantuan dalam kegiatan ini.

Dalam kesempatan itu juga, Wali Kota Fasha turut pula menguatkan hati dan menghibur warga masyarakat yang tertimpa musibah kebakaran dahsyat tersebut, agar senantiasa tabah dan kuat dalam menerima cobaan tersebut.

“Harapan kami bantuan ini bisa dimaksimalkan kepada warga dan kami juga berpesan, dibalik bencana ini pasti ada sesuatu yang mulia, rencana Allah SWT dan kami doakan semoga keluarga kami disini yang tertimpa bencana diberikan kesabaran, ketabahan dalam menghadapi bencana ini. Harapan kami semoga semua disini segera pulih dan bangkit membangun kembali desa ini. Yakinlah Bapak Ibu semua dalam menghadapi bencana ini tidak sendirian, kami akan terus bersama Bapak-Ibu semua,” pungkas Fasha.

Dilokasi yang sama, mewakili masyarakat Mendahara Tengah, Sekda Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Sapril, menyampaikan terima kasihnya kepada Fasha dan masyarakat Kota Jambi yang telah membantu masyarakat Me dahara Tengah.

“Terima kasih, tiada kata-kata yang indah hari ini selain syukur alhamdulillah, artinya masyarakat Jambi tingkat kepedulian sosial masih masih terpelihara dan sangat tinggi. Hari ini kita menerima rombongan Bapak Wali Kota Jambi yang peduli akan musibah yang dialami oleh masyarakat kita saat ini dan tadi sama-sama kita saksikan penyerahan bantuan. Semoga apa yang diberikan dapat bermanfaat dan dapat meringankan beban masyarakat kita ini,” ujar Sekda Tanjabtim tersebut.

Sehari sebelumnya, bertempat di Griya Mayang, Wali Kota Jambi Syarif Fasha, melepas secara langsung personil dan armada misi bantuan kemanusiaan Kota Jambi Peduli, yang terdiri dari 9 unit truk logistik dan 2 unit mobil double cabin, dengan memuat bantuan berupa sandang, pangan dan berbagai peralatan masa tanggap darurat lainnya, yang sangat dibutuhkan oleh warga Desa Mendahara Tengah.

Adapun rincian donasi Kota Jambi Peduli yang diberikan bagi masyarakat Mendahara Tengah antara lain :

Bantuan senilai Rp. 250.000.000 berupa sandang dan pangan dari keluarga besar Pemkot Jambi dan masyarakat melalui donasi Dompet Amal Kota Jambi Peduli
Bantuan senilai Rp. 192.000.000 berupa uang tunai, sandang dan pangan dari Yayasan Kesejahteraan Sentosa
Bantuan senilai Rp. 150.000.000 dari Kopi AAA berupa sandang dan pangan
Bantuan senilai Rp. 30.000.000 berupa sandang dan peralatan ibadah dari Wali Kota Jambi dan keluarga
Bantuan senilai Rp. 15.000.000 berupa bahan sandang, yang dihimpun oleh Ikatan Bujang Gadis Kota Jambi dari masyarakat Kota Jambi.
Sebagaimana diketahui bahwa Pemerintah Kota Jambi, melalui Kota Jambi Peduli telah beberapa kali terlibat dalam berbagai misi kemanusiaan di Indonesia, maupun internasional. Diantaranya, misi kemanusiaan bagi Etnis Rohingya, Palestina, hingga bantuan berbagai musibah yang terjadi di Indonesia, seperti bencana gempa dan tsunami Lombok, Palu, Serang Banten dan Lampung, bencana banjir Bengkulu, musibah kebakaran di Pangkal Duri Tanjabtim dan wabah Covid-19 Kota Jambi.

Berbagai misi kemanusiaan tersebut, tidak terlepas dari komitmen Wali Kota Fasha bersama jajaran Pemkot Jambi, sebagai daerah yang sangat peduli dan tanggap terhadap penderitaan sesama, diberbagai daerah dan negara lain yang tertimpa musibah.