JAMBI- Wali Kota Jambi Dr. H. Syarif Fasha, ME mendampingi Pj. Gubernur Jambi Dr. Hari Nur Cahya Murni, M.Si. dalam acara launching kegiatan Gerakan Serempak Pekan Vaksinasi bagi Lanjut Usia (Lansia) se-Provinsi Jambi, yang dipusatkan di Lapangan Tenis Diknas Kota Jambi, Kompleks Perkantoran Wali Kota Jambi (8/6).

Berlangsung dengan protokol kesehatan ketat, pelaksanaan launching kegiatan Gerakan Serempak Pekan Vaksinasi bagi Lanjut Usia (Lansia) se-Provinsi Jambi diikuti oleh 104 Lansia. Turut hadir dalam kesempatan itu, jajaran Forkompimda Provinsi Jambi dan Kota Jambi.

Dalam kesempatan itu, secara simbolis dilakukan penyuntikan dosis pertama vaksin Covid-19 kepada seorang Lansia, yang langsung disaksikan oleh Pj. Gubernur Jambi, Wali Kota Fasha dan jajaran Forkompimda.

Pencanangan Gerakan Serempak Pekan Vaksinasi bagi Lanjut Usia (Lansia) se-Provinsi Jambi merupakan inisiasi Pj. Gubernur Jambi untuk meningkatkan angka capaian vaksinasi bagi Lansia di Provinsi Jambi. Kota Jambi pun didaulat menjadi tuan rumah acara peluncuran pencanangan kegiatan ini, karena Kota Jambi dinilai sukses dalam capaian tertinggi vaksinasi bagi Lansia se-Provinsi Jambi.

Setelah melaksanakan launching Pencanangan Gerakan Serempak Pekan Vaksinasi bagi Lanjut Usia (Lansia) se-Provinsi Jambi, Pj. Gubernur Jambi bersama Wali Kota Fasha dan Forkompimda Provinsi-Kota Jambi turut pula memantau pelaksanaan vaksinasi yang dilaksanakan serentak di berbagai kabupaten-kota dalam Provinsi Jambi.

Pemantauan itu dilaksanakan secara virtual bertempat di Ruang Kendali Jambi Operation Center (JCOC) Kota Jambi yang berlokasi di Kantor Wali Kota Jambi. Dalam kesempatan itu, Pj. Gubernur Jambi, menyapa secara lansung Bupati/Wali Kota se-Provinsi Jambi dan mendengar langsung laporan terkait pelaksanaan vaksinasi di daerah masing-masing.

Kegiatan yang dilaksanakan serentak diseluruh Kota/Kabupaten dalam Provinsi Jambi ini berlangsung selama sepekan dan ditargetkan mencapai 35% jumlah lansia yang belum divaksinasi Covid-19.

Untuk Kota Jambi sendiri, kegiatan pekan vaksinasi serentak berlangsung di 21 titik pelaksanaan vaksinasi, dengan target 10.000 orang lansia dan akan dilaksanakan selama sepekan penuh.

Vaksinasi Covid-19 Aman Bagi Lansia

Pelaksanaan pemberian vaksinasi bagi kelompok Lansia (kelompok usia 60 tahun ke atas) diberikan 2 dosis dengan interval pemberian 28 hari (0 dan 28).

Lansia sangat aman diberikan 2x dosis vaksin, baik dengan Komorbid, dalam hal ini Hipertensi, dapat divaksinasi kecuali jika tekanan darahnya di atas 180/110 MmHg dan sepanjang belum ada komplikasi akut.

Lansia adalah kelompok yang sangat rentan terpapar Covid-19 dan berpotensi terjadi pemburukan hingga risiko kematian jika terpapar. Vaksinasi adalah ikhtiar agar orang tua kita aman dari risiko yang tidak diinginkan jika terpapar Covid-19.

Mari, segera kunjungi dan bawa orang tua kita ke fasilitas kesehatan terdekat, untuk mendapat vaksinasi Covid-19.