Jakarta, Kominfo – Sekitar 350 ribu masyarakat yang berasal dari berbagai daerah yang mengikuti peluncuran Program Literasi Digital Nasional oleh Presiden Joko Widodo yang berlangsung virtual dari Jakarta, Kamis (20/5/2021). Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan kondisi itu membuktikan, masyarakat Indonesia tengah bangkit untuk meningkatkan kualitas diri dalam menggunakan ruang digital dengan positif.

“Kita telah mencetak sejarah sebagai salah satu pertemuan dalam jaringan dengan peserta terbanyak hal ini menunjukkan juga menunjukkan kebangkitan digital nasional,” ujarnya dalam sambutan pada Peluncuran Program Literasi Digital Nasional dari Hall Basket Senayan, Jakarta.

Bahkan, guna menyiapkan talenta digital, Kementerian Kominfo pada 2021 menggelar beasiswa pelatihan nongelar Digital Talent Scholarship (DTS). Total terdapat sekitar 100 ribu pelatihan yang akan digelar secara intensif kepada masyarakat yang masuk dalam kualifikasi yang telah ditetapkan oleh Kominfo.

“Kominfo juga mencanangkan program Digital Talent Scholarship yang biasa dikenal DTS,” katanya.

Menurut Menteri Johnny, persyaratannya pun tidak terlalu sulit, yakni latar belakang pendidikannya Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Strata 1 (Sarjana). Pada kegiatan di atas, pihaknya, menggandeng 93 universitas yang terdapat di berbagai provinsi di dalam negeri.

Tujuannya, masyarakat dapat memanfaatkan ruang digital secara positif untuk kemaslahatan dirinya dan orang lain. Mengingat, banyak peluang-peluang yang bisa dioptimalkan menjadi kegiatan produktif dalam kehidupan sehari-hari.

“Memastikan kebermanfaatan dan keberlanjutan program-program SDM digital,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *