Siaran Pers No. 97/HM/KOMINFO/08/2020

Siaran Pers No. 97/HM/KOMINFO/08/2020

Rabu, 19 Agustus 2020

Tentang

Bawa Pesan Nilai Kebersamaan dan Perjuangan, Pemerintah Terbitkan 4 Seri Prangko

Pemerintah menerbitkan empat seri prangko dalam momentum Peringatan 75 tahun Kemerdekaan RI untuk mengembangkan nuansa kebersamaan dan nilai perjuangan. Keempat seri itu antara lain Prangko Seri Presiden Republik Indonesia dan Wakil Presiden Republik Indonesia, 75 Tahun Indonesia Merdeka, Penanggulangan Covid-19, serta Artis dan Grup Musik Ternama.

Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin menyatakan prangko menjadi bagian penting bagi sejarah bangsa. Prangko bukan sekadar alat bayar pengiriman benda pos. Namun, menjadi media visualisasi keberagaman masyarakat dan kedaulayan negara.

“Prangko memiliki aktualitas atau peristuwa yang terjadi suatu waktu. Sekalipun kepingnya sangat kecil tapi sangat sarat mengandung berbagai fenomena,” katanya dalam Peluncuran Prangko Presiden Republik Indonesia dan Wakil Presiden Republik Indonesia, 75 Tahun Indonesia Merdeka, Penanggulangan Covid-19, serta Artis dan Grup Musik Ternama secara virtual di Jakarta, Rabu (19/08/2020).

Peluncuran 4 seri prangko secara bersamaan menurut Wakil Presiden merupakan bagian dari rangkaian Hari Kemerdekan ke-75 Republik Indonesia

“Sejalan dengan teknologi informasi terjadi pergeseran cara berkomunikasi masyarakat, prangko tidak banyak lagi digunakan. Namun, prangko masih menjadi media untuk mengabadikan momen khusus bersejarah, diplomasi dan hubungan internasional,” tutur Wapres.

Menurut Wakil Presiden sebagai bangsa yang besar, Indonesia harus tetap maju, produktif dan berkarya di tengah pandemi Covid-19. “Kita sebagai bangsa yang besar harus dapat maju, produktif, dan berkarya serta berinovasi di berbagai bidang kehidupan khususnya di bidang seni dan budaya,” tandasnya.

Wakil Presiden menyatakan penerbitan Seri Penanggulangan Covid-19 merupakan bentuk penghargaan kepada tenaga kesehatan yang berada dalam garda terdepan dalam melawan pandemi Covid-19.

“Salah satu wujud apresasi Pemerintah kepada para dokter dan tenaga medias yang teah menujukkan semanat dan integritas yang tiggi untuk memabtu sesama dalam menghadapi pandemi,” tuturnya.

Selain itu, prangko artis menjadi bentuk apresiasi kepada seniman dan artis musik agar dapat berkarya dan berkreasi untuk menginspirasi bangsa dalam melawan pandemi.

“Semoga para seniman dan musisi dapat terus berkarya, mengobarkan semangat berjuaang menginsiprasi bangsa Indonesia,” tuturnya sebelum menandatangani Sampul Hari Pertama Prangko 4 seri yang diluncurkan.