JAMBI – Pemerintah Kota Jambi sukses menggelar rangkaian Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia tahun 2020. Walaupun dilaksanakan ditengah wabah pandemi Covid-19, pelaksanaan upacara tetap berlangsung khidmat, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Upacara Pengibaran Sang Merah Putih yang dilaksanakan di Lapangan Utama Kantor Wali Kota Jambi Senin pagi (17/8) itu, dipimpin langsung oleh Wali Kota Jambi Dr. H. Syarif Fasha, ME, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, untuk pertama kalinya upacara peringatan kemerdekaan Indonesia itu dilangsungkan tanpa penampilan formasi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka). Kebijakan pemerintah pusat, menyaratkan pengibaran bendera hanya dilaksanakan oleh 3 orang Paskibraka. Upacara bendera kali ini turut dihadiri oleh seluruh unsur Forkompimda Kota Jambi, jajaran Pemkot Jambi, serta unsur TNI dan Polri. Turut pula dalam barisan pasukan upacara, Paskibraka hasil seleksi tahun 2020, yang akan bertugas mengibarkan Bendera Merah Putih tahun 2021 mendatang.

Seusai pelaksanaan Upacara Bendera di Balaikota, rangkaian peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia tahun 2020, dilanjutkan dengan mengikuti Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang dilaksanakan secara virtual bersama Presiden RI dari Istana Merdeka Jakarta.

Yang menarik dalam Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Kota Jambi kali ini adalah dengan prosesi menghentikan segala aktivitas masyarakat selama 3 menit, tepat pada pukul 10.17 WIB.

Seluruh lampu lalu lintas disemua persimpangan Kota Jambi yang dikontrol secara terpusat melalui Area Traffic Control System (ATCS) Jambi City Operation Center (JCOC), “dimerahkan” selama 3 menit. Dalam momentum tersebut, tampak seluruh masyarakat yang berada diseluruh persimpangan, berhenti, tegak dengan sikap sempurna dan serentak menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipandu oleh Operator ATCS Kota Jambi dari ruang kendali JCOC Kota Jambi.

Rangkaian upacara secara virtual, yang dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Wali Kota Jambi itu, diakhiri dengan penyerahan Tali Asih dari Wali Kota Jambi kepada perwakilan veteran pejuang kemerdekaan Indonesia di Kota Jambi.

Dihadapan pewarta dan awak media, Wali Kota Fasha mengungkapkan harapannya dalam momemtum peringatan Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia tahun 2020 ini.

“Walaupun peringatan kemerdekaan bangsa Indonesia kali ini dilaksanakan ditengah keprihatinan, ditengah wabah pandemi Covid-19, semoga semangat perjuangan pendahulu kita terus lestari, tidak akan pernah luntur, terlebih kita semua, bangsa Indonesia dan seluruh dunia menderita akibat wabah Covid-19. Semoga momentum peringatan kali ini, makin menguatkan tekad kita untuk terus bangkit, bawa kemajuan bangsa Kota Jambi, Jambi dan bangsa Indonesia,” sebut Fasha.

Momentum peringatan HUT ke-75 Proklamasi di Kota Jambi kali ini juga dirangkai dengan acara peresmian Call Center 112 Kota Jambi, yang dipusatkan di ruang kendali JCOC Kota Jambi. Acara yang dilaksanakan secara virtual bersama Kementerian Kominfo RI itu, turut pula dihadiri oleh jajaran Forkompimda Kota Jambi.

Dalam sambutannya, Wali kota Fasha menyampaikan rasa bangganya akan hadirnya layanan berbasis IT di Kota Jambi itu. Bagaimana tidak, layanan Call Center 112 menurut Fasha merupakan mimpi besarnya, selain sukses dirinya membawa Kota Jambi menjadi 25 daerah di Indonesia yang menjadi percontohan, pilot project pertama di bidang smart city oleh pemerintah pusat.

“Ini mimpi saya lainnya yang baru terealisasi selama 7 tahun. Kami sudah membuat loncatan besar dalam bidang smart city, sejak awal kepemimpinan kami. Hari ini, hal tersebut makin sempurna karena kehadiran layanan 112 di Kota Jambi,” ujar Fasha dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Fasha menjelaskan layanan Call Center 112 merupakan layanan kegawatdaruratan masyarakat yang dilaksanakan secara terintegrasi dalam satu nomor panggilan.

“Call Center 112 memberikan layanan yang cepat, tepat dan konsisten, terkait hal-hal yang bersifat emergency. Selama ini kami sudah membuat layanan masyarakat berbasis aplikasi, seperti homecare, damkar, dan lain sebagainya. Namun, masih bersifat parsial. Dengan adanya layanan ini, semua terintegrasi. Berbagai nomor layanan yang beraneka macam selama ini, terintegrasi menjadi 112,” ungkap Fasha.

Fasha juga menjelaskan layanan call center 112 tersebut, akan mempermudah layanan kepada masyarakat, karena hal tersebut selalu menjadi komitmen dirinya selama menahkodai Pemerintahan di Kota Jambi.

“Kita boleh memiliki berbagai aplikasi pelayanan masyarakat. Namun yang terpenting adalah bagaimana komitmen dan konsistensi kita, yang didukung oleh seluruh jajaran Pemkot dan juga seluruh Forkompimda. Seluruh dukungan tersebut sangat dibutuhkan, karena secanggih apapun sistem tanpa dukungan masyarakat dan stakeholder, tidak akan berarti apa-apa. Semoga masyarakat dapat memaksimalkan layanan ini,” pungkas Fasha.

Sementara itu, pada sore harinya upacara penurunan Sang Merah Putih dilaksanakan dengan khidmat. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Wakil Wali Kota Jambi, Dr. dr. H. Maulana, MKM.

Guna menambah kemeriahan rangkaian HUT ke-75 RI, Pemkot Jambi bersama klub sepeda Kota Jambi, Kota Jambi Cycling Club (Koja_CC) juga menggelar event gowes (bersepeda) yang dilaksanakan secara berbeda kali ini.

Event terbesar di Provinsi Jambi tahun 2020 ini, bertajuk “Jambi Gowes Virtual Merdeka 75”. Pelaksanaannya pun menyesuaikan kondisi saat ini yang sedang dilanda wabah Covid-19, yaitu dilaksanakan secara virtual.

Wakil Wali Kota Jambi, Maulana menjelasakan bahwa konsep gowes virtual tersebut adalah peserta gowes mendaftar pada aplikasi yang disediakan oleh Pemkot Jambi dan pelaksanaan gowes dilaksanakan oleh peserta, baik secara sendiri, maupun berkelompok, dalam wilayah Provinsi Jambi, dengan menggunakan aplikasi untuk bersepeda, yaitu Relive dan Strava.

Panjang rute yang dilombakan oleh Pemkot Jambi pun terbagi dalam 4 kategori rute, yaitu 8 Km, 17 Km, 45 Km dan 75 Km.

“Peserta bebas memilih rute, sesuai kemampuan masing-masing, untuk kemudian diundi mendapatkan hadiah yang luar biasa menarik. Masyarakat jangan sampai melewatkan event ini dan jangan sampai tidak daftar,” pungkas Wakil Wali Kota Jambi itu.

Sumber: Bagian Humas Setda Kota Jambi