8 Januari 2021
Waspadai Konten Radikalisme di Platform Virtual dan Media Sosial

Jakarta, Kominfo – Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika Zulfan Lindan mengatakan, sisi lain dari era keterbukaan informasi dapat dimanfaatkan oleh kelompok-kelompok tertentu untuk memperkuat pikiran atau sikap radikal, yang sewaktu-waktu dapat memecah kesatuan bangsa dan negara jika tidak ditindak dengan tegas. Oleh karena itu, Stafsus Menteri Kominfo meminta Calon Pegawai Negeri Sipil bisa waspada terutama terhadap konten yang disebarkan secara virtual lewat platform virtual dan media sosial.

  



4 Januari 2021
Jadi Pilar Utama Ekonomi Digital, Kominfo Pantau Kualitas Pos dan Logistik

Jakarta, Kominfo – Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Ahmad M. Ramli menyatakan bidang Pos dan Informatika menjadi pilar utama tidak hanya untuk ekonomi digital tetapi untuk seluruh sendi kehidupan terkini.

  



4 Januari 2021
Dirjen SDPPI: Kominfo Fokus Manajemen Spektrum Frekuensi

Jakarta, Kominfo – Pada tahun 2021, Kementerian Komunikasi dan Informatika akan fokus terhadap manajemen spektrum frekuensi radio. Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, Ismail menyatakan langkah itu sebagai upaya mendorong percepatan transformasi digital dalam berbagai bidang di tanah air.

  



4 Januari 2021
Menkominfo: Kerja ASN Kominfo Harus Lebih Hebat

Jakarta, Kominfo – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengharapkan kerja aparatur sipil negara (ASN) Kementerian Kominfo lebih hebat dari tahun sebelumnya. Menurutnya, pada tahun 2021, Kementerian Kominfo memiliki tanggung jawab besar dalam mendorong digitalisasi dalam berbagai sektor di dalam negeri.

  



18 Desember 2020
Indonesia Pertahankan Gelar Winner ASEAN Quiz 2020 Regional Level

Jakarta, Kominfo – Perwakilan Indonesia menjadi juara bertahan dalam ASEAN Quiz 2020: Regional Level. Dalam kompetisi tahunan di bawah kerangka kerjasama ASEAN Committee for Culture and Information (COCI) Sub-Committee on Information (SCI) yang berlangsung virtual itu, Indonesia mempertahankan gelar juara yang juga direbut tahun sebelumnya.

  



17 Desember 2020
Pengaturan ASO Bawa Efisiensi Penyiaran di Indonesia

Jakarta, Kominfo – Undang-undang No 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja mendorong penerapan Analog Switch Off (ASO) paling lambat 2022. Pengaturan itu membawa efisiensi dalam penggunaan pita frekuensi di Indonesia. Dalam pasal tersebut, penggunaan pita frekuensi yang diperuntukkan bagi televisi sesuai dengan kebutuhan.

  



17 Desember 2020
Percepat Pemerataan Akses 4G, Pemerintah Alokasikan APBN Bangun BTS

Jakarta, Kominfo – Pemerintah akan melakukan intervensi dengan menambah alokasi dana pembangunan Tower Base Transceiver Station (BTS) 4G di seluruh desa yang belum terjangkau layanan telekomunikasi. Dana APBN 2021 dan 2022 untuk pemerataan akses jaringan telekomunikasi 4G itu akan melengkapi alokasi Universal Service Obligation (USO).

  



19 November 2020
Apresiasi Kongres Anak Indonesia, Menkominfo Ajak Kolaborasi dengan Siberkreasi

Jakarta, Kominfo – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menerima kunjungan Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Seto Mulyadi atau Kak Seto. Dalam pertemuan tersebut, Menteri Kominfo mengapresiasi terselenggaranya Kongres Anak Indonesia secara virtual pada 21-23 September 2020 lalu. Bahkan Menteri Johnny mengajak LPAI untuk berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital atau Siberkreasi.

  



19 November 2020
Dirjen IKP: Mahasiswa Jadi Mata-Telinga dalam Pemilihan Serentak 2020

Jakarta, Kominfo – Kementerian Komunikasi dan Informatika menilai mahasiswa memiliki peran penting dalam pelaksanaan Pemilihan Serentak 2020. Menurut Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Widodo Muktiyo, sebagai agen perubahan, mahasiswa memiliki peran vital dalam kehidupan bernegara.

  



18 November 2020
Kominfo Dukung Integrasi Pengadaan Barang Jasa Pemerintah

Bogor, Kominfo – Kementerian Komunikasi dan Informatika mendukung digitalisasi sektor pengadaan barang dan jasa. Menteri Kominfo Johnny G. Plate mengatakan dukungan itu berupa pengembangan, integrasi, dan harmonisasi platform elektronik penyediaan barang dan jasa.