Siaran Pers No. 200/HM/KOMINFO/10/2019

Siaran Pers No. 200/HM/KOMINFO/10/2019
Jumat, 25 Oktober 2019
Tentang
Gelar Anugerah Media Humas 2019, Dirjen IKP Sebut Humas Posisi Strategis

Perhelatan Anugerah Media Humas (AMH) menjadi penutup rangkaian kegiatan Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK) 2019. Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika, Widodo Muktiyo, menyampaikan apresiasinya kepada para pemenang. Menurutnya Humas adalah profesi yang sangat strategis dalam menyampaikan informasi kebijakan pemerintah kepada masyarakat.

“Yang utama sebetulnya apresiasi bersama bahwa humas adalah profesi yang sangat strategis dan dibutuhkan masyarakat, bertugas menyampaikan informasi untuk bisa sampai ke masyarakat. Kalau istilah Presiden, ‘tidak hanya send, tapi deliver’. Mari kita apresiasi diri kita malam ini,” tutur Dirjen IKP, Widodo Muktiyo saat membuka Malam Anugerah Media Humas 2019 di Novotel Bangka Hotel and Convention Center, Pangkalpinang, Bangka Belitung, Jumat (25/10/2019).

Dalam sambutannya, Dirjen Widodo turut menyampaikan pesan Menteri Kominfo, Johnny G. Plate, yang menyatakan akan terus mensupport kegiatan kehumasan pemerintah. “Saya mewakili Menkominfo, beliau sangat senang bisa bersama-sama dengan jajaran Kominfo dan akan terus mensupport kegiatan Bakohumas. Bahkan secara spesifik Kementerian Kominfo akan menyejajarkan komunikasi dan informatika. Komunikasi sama pentingnya dengan informatika,” jelas Dirjen Widodo mengutip pesan Menteri Kominfo.

Sebagai ajang penganugerahan atas prestasi karya humas pemerintah di seluruh Indonesia, AMH 2019 bertujuan untuk menciptakan semangat kompetisi positif di lingkungan humas yang berbasis kinerja, sekaligus memberi peluang peningkatan kualitas kinerja humas pemerintah. Tak hanya itu, AMH diharapkan dapat memacu humas pemerintah dan Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) untuk memperkuat perannya dalam melakukan diseminasi informasi terkait program pemerintah kepada masyarakat.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, ada 5 (lima) kategori media yang dilombakan dalam AMH 2019, yaitu kategori Siaran Pers/Pemberitaan, Penerbitan Media Internal (In-house Magazine), Media Sosial, Website, dan kategori Stan Pameran Instansi.

Perspektif komunikasi publik, kreativitas, serta etika dan estetika, merupakan sebagian dari unsur yang dinilai Dewan Juri yang berasal dari praktisi media, praktisi media sosial, dan pakar teknologi informasi dan komunikasi. Turut bergabung sebagai tim Dewan Juri, Tenaga Ahli Kementerian Kominfo Bidang Literasi Digital, Donny Budi Utoyo, serta presenter berita Prita Laura dan Alfito Deanova.

PEMENANG AMH 2019

Tercatat ada 169 instansi yang mengirimkan karyanya untuk dilombakan dalam Anugerah Media Humas 2019. Ada perubahan dalam Klasifikasi Pemenang AMH tahun ini. Jika di tahun 2018 lalu klasifikasi pemenang tiap kategori dibagi berdasarkan Terbaik I, II, dan III tingkat Pusat dan Daerah, maka tahun ini Klasifikasi Pemenang tiap kategori dibagi sesuai instansi, yaitu Kementerian/Lembaga Terbaik, BUMN/D Terbaik, Perguruan Tinggi Negeri Terbaik, Pemerintah Daerah Provinsi Terbaik, dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota Terbaik.

Sementara untuk kategori Stan Pameran Instansi, terdapat penambahan klasifikasi pemenang yaitu Terinformatif dan Nusantara.

Adapun Daftar Pemenang AMH 2019 adalah sebagai berikut:

KATEGORI SIARAN PERS/PEMBERITAAN

  • Kementerian/Lembaga Terbaik: Kementerian Keuangan
  • BUMN/D Terbaik: PT Angkasa Pura I (Persero)
  • Perguruan Tinggi Negeri Terbaik: Institut Pertanian Bogor
  • Pemerintah Daerah Provinsi Terbaik: Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota Terbaik: Sekretariat Kota Tangerang

KATEGORI PENERBITAN MEDIA INTERNAL

  • Kementerian/Lembaga Terbaik: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  • BUMN/D Terbaik: PT Pertamina (Persero)
  • Perguruan Tinggi Negeri Terbaik: Universitas Indonesia
  • Pemerintah Daerah Provinsi Terbaik: Sekretariat Daerah Provinsi DKI Jakarta
  • Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota Terbaik: Sekretariat Daerah Kota Surabaya

KATEGORI MEDIA SOSIAL

  • Kementerian/Lembaga Terbaik: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
  • BUMN/D Terbaik: PT Angkasa Pura I (Persero)
  • Perguruan Tinggi Negeri Terbaik: Institut Pertanian Bogor
  • Pemerintah Daerah Provinsi Terbaik: Sekretariat Daerah Provinsi DKI Jakarta
  • Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota Terbaik: Sekretariat Daerah Kota Surabaya

KATEGORI WEBSITE

  • Kementerian/Lembaga Terbaik: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
  • BUMN/D Terbaik: PT Pelabuhan Indonesia I (Persero)
  • Perguruan Tinggi Negeri Terbaik: Universitas Padjadjaran
  • Pemerintah Daerah Provinsi Terbaik: Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota Terbaik: Sekretariat Daerah Kota Surabaya

KATEGORI STAN PAMERAN INSTANSI

  • Dekorasi Terbaik: Kementerian Pariwisata
  • Pelayanan Terbaik: Kementerian Perhubungan
  • Terfavorit: Sekretariat Negara
  • Terinovatif: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  • Terinformatif: Dewan Perwakilan Rakyat
  • Nusantara: Humas Pemerintah Provinsi Papua Barat

KATEGORI JUARA UMUM: Sekretariat Daerah Kota Surabaya

TENTANG SAIK 2019

Festival Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK) 2019 merupakan kegiatan tahunan yang digelar oleh Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. SAIK 2019 melibatkan pejabat humas dari Kementerian/Lembaga, BUMN/D, Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia, Diskominfo Provinsi/Kabupaten/Kota se-Indonesia, hingga Lembaga Komunikasi Sosial Media Pertunjukan Rakyat dan Kelompok Informasi Masyarakat.

Digelar selama tiga hari sejak 23 s.d. 25 Oktober 2019, Festival SAIK 2019 diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan, di antaranya Pertemuan Bakohumas Tingkat Nasional, Festival Pertunjukan Rakyat (Petunra) Tingkat Nasional, serta Pameran Public Expose & Public Service Exhibitions.

Tak hanya itu, peserta juga dibekali dengan Coaching Class Perumusan Strategi Komunikasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat tentang strategi branding di era new media, pembuatan konten kreatif berupa meme, video pendek, dan infografis.

Sebelumnya pada pembukaan SAIK 2019, Dirjen IKP Widodo Muktiyo menyampaikan bahwa humas di daerah punya tanggung jawab yang sama dengan pemerintah di pusat dalam hal literasi media digital. “Tantangan kita bersama adalah bagaimana menghadapi luberan informasi yang banyak di antaranya adalah informasi negatif. Humas pemerintah wajib memberikan penjelasn yang sebaik-baiknya agar masyarakat bisa memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya. Kuncinya adalah sinergi dan kolaborasi seluruh humas pemerintah baik di pusat maupun di daerah. “Kita harus bekerja bersama untuk membangun citra positif pembangunan negara baik di mata masyarakatnya maupun di mata dunia,” ujarnya.

Ferdinandus Setu
Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo
e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
Telp/Fax : 021-3504024
Twitter @kemkominfo FB: @kemkominfo IG: @kemenkominfo
website: www.kominfo.go.id