Jakarta, Kominfo – Lebih dari separuh pertumbuhan perekonomian Indonesia menurut Menteri Kominfo Rudiantara dibentuk dari hasil perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Ekonomi Indonesia itu, setengah lebih sebetulnya merupakan hasil dari UMKM, disamping pengelolaan sumber daya alam tentunya,” ungkapnya saat mengisi Sharing Session dalam Acara #DigiForum Diskusi Publik E-Commerce Ecosystem Outlook 2018 di Ruang Roesland Abdoelgani, Gedung Utama, Kementerian Kominfo,  Jakarta, Senin (19/2/2018).

Oleh karena itu, pemerintah dalam pandangan Menteri Rudiantara terus mendorong UMKM agar menggunakan teknologi informasi. “Pemerintah mendorong UMKM bukan hanya dengan menyelenggarakan seminar ataupun workshop, agar bagaimana UMKM bisa memiliki website dalam waktu beberapa jam. Pemerintah akan menyediakan nama domain secara gratis dan postingannya untuk satu pertama juga di gratiskan,“ tandas Menkominfo.

Menurut Rudiantara perkembangan perekonomian Indonesia dari konvensional ke digital akan mencapai USD130 Miliar  atau kurang lebih 11% dari total pertumbuhan ekonomi Indonesia. “Saya mendorong para pelaku UMKM yang ada saat ini untuk masuk, boleh menjadi pelapak, atau menjadi merchan dari marketplace misalnya Toko Pedia atau bisa memilki domaian sendiri  atau outlet sendiri. Ini memang merupakan kerja sama dari Kementerian Kominfo dan Kementerian Koperasi dan UMKM,” jelasnya.

Mengakhiri sharing session, Menteri Kominfo mengatakan pertumbuhan ekonomi digital tidak terlepas dari penyediaan infrastrukstur. Saat ini jaringan 4G sudah menjangkau banyak wilayah Indonesia, namun belum sepenuhnya dirasakan bagian wilayah Timur Indoensia.

“Komitmen Pemerintah untuk membangun Palapa Ring dengan  menggunakan kabel dari laut ke darat yang merupakan fiber optik sehingga ditargetkan semua kota/kabupaten pada tahun 2019 sudah harus terhubung dari backbone Palapa Ring untuk internet kecepatan tinggi,” pungkas Rudiantara. (dps)